RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

5 Okt 2015

Anak Muda dan Hak Asasi Manusia

Acara Diskusi Sedang Berlangsung dalam Ruangan
Magelang (3/10/15) -Pamflet yang merupakan anggota dari Koalisi Keadilan dan  Pengungkapan Kebenaran (KKPK) bekerja sama dengan Project in Collective (PIC)  mengajak anak muda Magelang untuk membuat karya-karya kreatif bertema pelanggaran Hak Asasi Manusia.

Acara diskusi publik bertema anak muda dan hak asasi manusia di Syang Art Space Magelang diikuti hampir 100 anak muda di Magelang, diskusi dengan nara sumber Eko
Prasetyo, penulis buku “Orang Miskin Dilarang Sakit”, dan Anzi Matta, pemenang Kompetisi
Re(i)novasi Memori yang berasal dari Magelang.

“Pentingnya pendidikan HAM sejak dini di sekolah agar anak muda mengerti hak mereka guna menumbuhkan sikap  kritis ketika melihat kondisi yang terjadi pada bangsa ini. Meskipun pendidikan HAM  sejatinya sudah ada, namun tersebar di beberapa mata pelajaran sehingga tidak diajarkan  secara komprehensif,” terang Eko.

Hal ini selaras dengan penelitian yang dilakukan oleh Pamflet pada  300 anak muda di Jakarta, Bandung, dan Palu, sebanyak 97% anak muda mengetahui hak  asasi manusia, namun hanya 63% yang memiliki pemahaman tinggi soal hak asasi manusia.

Eko menambahkan “Pentingnya sikap kritis bagi anak muda terutama ketika melihat banyaknya kasus pelanggaran hak asasi manusia yang belum dituntaskan”.

“Kampanye “Bukan di  Dapur” yang merupakan kelanjutan dari keikut sertaannya di Kompetisi Re(i)novasi Memori,salah bentuk cara yakni membuat karya kreatif seperti ilustrasi, komik, foto, essay, maupun kisah singkat pribadi," ungkap Anzi.

Anzi juga mengajak anak muda yang ada di seluruh Indonesia  untuk dapat berpartisipasi dalam kampanye ini dengan mengirimkan tulisan mereka  terhadap isu terkait.

- Rakom K FM- Bayu Sapta Nugraha
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :