RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

20 Des 2012

Home » » Profil Radio Komunitas K FM Magelang

Profil Radio Komunitas K FM Magelang


Rakom K FM- Radio Komunitas yang berbasis komunitas masyarakat lereng merapi di sisi barat yang terletak di 12 km dari puncak merapi yakni :Dsn.Tegalsari,Desa Dukun,Kec.Dukun,Kabupaten Magelang ini sudah berdiri sekian tahun,dan berjalan cukup efektif dan selalu berproses merangkul masyarakat untuk terlibat langsung dalam kegiatan radio komunitas di frekwensi FM ini.

Dibawah ini sekilas sejarah berdirinya radio komunitas K FM,dimana lambat laun berubah lebih open.terbuka ke masyarkat lereng merapi khususnya.



Sekilas Profil Radio K FM

Ide pendirian radio berawal dari poses perjalanan IPNU-IPPNU Kecamtan Dukun yang merindukan adanya sebuah program pemberdayaan warga sebgai langkah real yang bermanfaat secara langsung. Hal ini tercetus dalam dirosahilmiah IPNU-IPPNU Anak cabang Dukun dengan tema “ IPNU-IPPNU menyongsong peluang dan tantangan “. Pada tanggal 13 Februari 2004 di Pondok Pesantren Darussalamah Soka, Sewukan, Dukun, Magelang. Resum dirosah tersebut ditindak lanjuti dengan diskusi-diskusi pengurus untuk memetakan kondisi generasi muda kecamatan Dukun. Pengurus akhirnya menyepakati bahwa generasi muda di kecamtan Dukun membutuhkan suatu langkh terobosan yang kreatif, inovatif dan informative.

Dengan bantuan pihak-pihak terkait seperti alummi IPNU-IPPNU, pimpinan Anak Cabang GP Ansor , Fatayat di Kecamatan Dukun, serta pimpinan Mys Aswaja Dukun, IPNU-IPPNU kecamatan Dukun merintis berdirinya radio komunitas diberi nama “ K” FM.

Dengan keberjalanan waktu sampai tahun 2010 ini Radio Komunitas K FM bergerak dengan lebih condong kemasyarakat umumnya dengan berbasis komunitas masyarakat murni dengan reorganisasian yang berlanjut. Disertai dibentuknya JRK-Jateng sebagai payung untuk radio komunitas di Jawa Tengah di bawah kendala JRKI.


2. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan pendirian Radio Komunitas adalah dalam bidang penyiaran komunitas. Dalam hal ini dititik beratkan pada komunitas remaja dan pelajar dengan sasaran sebagai media pendidikan, dakwah dan hiburan. Disertai dengan keberjalanan waktu maksud dan tujuan Radio Komunitas yakni untuk mengaspirasikan suara-suara semua masyarakat pada umumnya dengan rekanan-rekanan kerja yang bekerja sama demi kesehjateraan rakyat. Agar masayarakat tidak hanya disuarakan tetapi menyuarakannya. Ditambah dengan media pendidikan dan pengajaran untuk semua kalangan masyarakat khususnya untuk pemuda-pemudi untuik mengembangkan bakat semisal dalam broadcasting radio , jurnalistik dan pelatihan alam sebuah organisasi yang positif dan berguna bagi masyarakat luas.



3. VISI

Radio Komunitas “K” FM berorientasi dalam bidang pendidikan sebagai wahana stimulant kreasi remaja serta sarana belajar Ilmu Pengetahuan dan Informasi dan untuk masyarakat pada umumnya yakni mendorong masyarakat mampu mengaspirasikan suaranya alam sebuah informasi atau berita. Hal ini tertuang dalam visi radio sebagai sarana generasi muda mengali potensi dan mengembangakan kualitas diri serta menyuarakan aspirasi rakyat.

4. Misi

Untuk mencapai sasaran tersebut “K” FM melaksankan misi melengkapi pendidikan dengan ilmu pengetahuan demi terbentuknya sikap mental generasi muda yang sanggup mengatasi tantangan jaman dan mampu menciptakan peluang masa depan da untuk masyrakat sendiri agar kesehjateraannya lebih diperhatikan atau setidaknya masyarakat dapat belajar memperdayakan dirinya dengan kemampuan dan apa pun yang ada di sekitarnya agar apat berkembang sesuai perkembangan jaman.

Misi tersebut ditempuh awal mulanya dengan memperdayakan anggota IPNU-IPPNU di Kecamtan Dukun, tetapi karena sebuah keadaanyang mungkin tidak tepat dengan visi dan maksud tujuan radio maka misi tersebut di tompang dengan pemberdayaan SDM dari semua kalangan masyarakat tanpa di batasi umur dan latar belakang khususnya kepada kalangan remaja dan pelajar agar dapat menjalankan program radio “K” FM sebagai mana layaknya. Dengan keterpaduan yang lebih umum ke masyarakat diharapkan radio “ K” FM benar-benar menjadi radio komunitas yang dimiliki ileh komunitasnya yakni masyarakat semua.

Ini terlihat dari penyelenggaran radio antara lain dalam pengadaan sarana prasarana maupun keuangan. Sarana prasaranan dikumpulkan dari pengurus, anggota dan simpatisan ( masyarakat ). Rencana keuangan ditempuh dengan menggali potensi keuangan kedalam lingkungan komunitas masyarakat yang mendukung.

Keterpaduan antara pelopor pendirian radio komunitas ini yakni IPNU-IPPNU, GP Ansor, Fatayat , tokoh masyarakatserta seluruh elemen masyarakat pada umumnya di kecamatan dukun yang menjadi ujung tombak perjalanan radio komunitas “K” FM. Dengan demikian diharapkan program radio mampu menyentuh segenap lapisan masyarakat pada umumnya dan khususnya pada generasi remaja di kecamatan dukun. Program radio diharapkan mampu mengangkat persoalan-persoalan komunitas serta mampumampu menjadi sarana untuk menemukan jalan keluar yang bisa direalisasikan oleh segenap komunitas sebagai perwujudan sikap mengatasi tantangan dan menciptakan peluang bagi seluruh komponen masyarakat pada umumnya dak generesai muda pada khususnya.


5. Dukungan

Aspek legalitas dapat dilakukan engan adanya dukungan dari masyarakat setempat termasuk masyarakat yang terjangkau dengan siaran kami antara lain keluarahan Dukun,Banyudono,Ketunggeng,Banyubiru,Mangunsoka,Sewukan yang semuanya termasuk dalam satu kecamatan dukun. Dukungan masyarakat ini dengan minimalnya fotocopy KTP 250 buah dan tanda tangan persetujuan di masyarakat sekitar studio dengan cara door to door dan mengadakan pertemuan warga untuk rangka sosialisasi lebih lanjut.

Serta dukugan dari pemerintah dengan jalan tanda tangan dari kelurahan dan kecamatan setempat setelah kita mendapatkan dukungan dari masyarakat dan kerja sama dari pemerintahan setempat dalam mengadakan sosialisasi kepada masyarakat melalui siaran radio.


6. Proses Pendirian

Proses yang dilakukan dengan menyusun sebuah pengurus kelembagaan sebagai mana hal layaknya dengan kesepakatan dalam sebuah musyawarah anggota yang diambil dari masyarakat umumnya yang mau berkecimpung langsung dalam menjalankan radio dengan membentuk BPPK ( Badan Pelaksana Penyiaran Komunitas ). Dengan dasar pemikiran tetap dan saling bahu-membahu anat pengurus da dewa komunitas , dan pada tanggal 5 Desember 2005 radio K FM berbadan hokum dengan nomor 04 dengan notaries Ahmad Yubaidi,SH,S.Pd.


7. Keterlibatan Komunitas dan Perengrutan

Komunitas melakukan perengrutan dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada di komunitas sesuai dengan kemampuan masing-masing serta pengadaan pelatihan-pelatihan atau mengirimkan pesertya pada bagian-bagian yang dibutuhkan dalam pengurusan maupun pelaksanaan penyiaran sehingga terbentuk potensi-potensi sesuai keahliannya. Dan perlu ditekankan dalan proses ini terus berjalan reorganisai dengan perengrutan secara umum yakni semua kalangan masyarakat yang berminat berkecimpung langsung kedalam keberjalanan radio maka dibuka untuk siapa saja yang berkenan dengan jiwa relawan akan mendapat pelatihan-pelatihan dalam acara yang diadakan misal broadcasting,jurnalisti dll.


Itulah sebagian keterangan yang terlampir dlam artikel ini belum semuanya kita cantumkan misal potensi pendengar , susunan kepengurusan dan skema studio dan pemancar akrena kita akan lebih lanjut ke taraf rekanan radio yang mana selain dari pemerintah local, pihak radio mendapat rekanan-rekanan kerja produksi Berita, ILM , Talk show , Feature , Buletin dan sosialisasi langsung kepada masyarakat melalui media siar yang mencangkup dari masyarakat semua dan untuk masyarakat. Dengan sarana prasarana yang ala kadarnya kita menjaga keberjalanan radio agar tetap stabil dan bermanfaat bagi masyarakat dan generasi muda khususnya.

Melalui media internet yang pernah kita memakai sebuah modem kita dapat menyampaikan informsi terbaru kepada masyarakat dan apa pun mungkin yang masyarakat butuhkan yang bisa diambil di internet , dalam mendownload lagu juga kita dapat berguna serta yang terpenting kita dapat merelay acara berita atau talkshow langsung dari radio berita streming yang lebih menekankan ke HAM ( Hak Asasi Manusia ) yang bisa menjadi bahan ajaran dan pengalaman bagi masyarakat komuitas radio. Tak kalah pentingnya berita atau informasi yang ada di masyarakat komunitas kita dan aspirasi masyarakat kita dapat langsung terupload ke media berita internet yang sudah berekanan dengan radio “ K” FM sehingga masyarakat luas tahu keadaan masyarakat kita dan diharapkan kepada pihak pemerintah yang terkait.

Hal diatas di utarakan tentang keguanaan media internet di radio untuk masyarakat pada umumnya sedangkan bagi generasi remaja pada khususnya melalui adanya internet di radio kita salah satunya kita bisa mengadakan acara sharing remaja yang informasinya bisa ambilkan di internet secara langusng , sedangkanuntuk potensi remaja juga dapat kita salurkan melalui internet di radio misal keberadaan band-band indi yang lagunya kiat siarkan di radio dapat dikirimkan ke rumah-rumah produksi melalui radio secara tidak langsung radio berperan serta dalam membantu proses memajukan potensi remaja di komunitas.

Walaupun dengan kendala letak geografis yang sangat berpengaruh dengan koneksi internetnya yang mana putus-putus sinyalnya sehinga saatini rusak.

Sekian paparan sekilas dari radio komunitas “K” FM Magelang.

Share this article :