RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

20 Okt 2014

Home » , , , , , , , , , » Pendakian Merapi Massal Bersama Jalin Merapi

Pendakian Merapi Massal Bersama Jalin Merapi

Jalin Merapi - Erupsi gunung merapi besar terjadi 4 tahun yang lalu ,2010 pada bulan Oktober ini. Trauma dan ingatan masih terlukis jelas dalam benak para warga dan para relawan merapi sampai saat ini. Tetapi kita tidak perlu takuti akan hal tersebut karena memang kita hidup di area bencana yang penuh ancaman,kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan soal mitigasi bencana agar lebih siap jika sewaktu-waktu bencana akan terjadi khususnya merapi yang tak pernah ingkar janji.


Dalam kesempatan kali ini pada bulan Oktober tanggal 18-19 tahun 2014,jalin merapi sebuah komunitas relawan media yang berbasis radio komunitas dan internet ini melakukan kegiatan tahunan di merapi,yakni pendakian massal ke merapi. Selain dalam rangka mengenang 4 tahun erupsi merapi 2010 hal ini guna mendekatkan diri dengan alam merapi sehingga kita semakin paham akan lingkungan kita.

Pendakian massal dengan tag line muncak merapi 2014 bersama anggota Jalin Merapi ini di buka secara umum bagi siapapun yang ingin mengikuti kegiatan ini. Khususnya para pegiat radio komunitas anggota jalin merapi di lingkar merapi dan exs relawan jalin merapi tahun 2010.

Sebanyak 130-an orang mendaftar termasuk anggota jalin merapi dari Rakom K FM Magelang,Gema Merapi Cangkringan, Lintas Merapi Klaten ,Merapi FM Kemusuk,Gemenastiti FM Musuk Boyolali, Gema Swara FM Srumbung dan MMC FM Boyolali serta exs relawan jalin merapi,dan para pendaki pemula yang berasal dari dalam negeri maupun kawan-kawan dari luar negeri. Tetapi hanya 90 orang pendaki ditambah pendaki lokal yang melakukan pendakian pada hari Sabtu,18 Oktober 2014 dan sisanya menunggu di meeting point di Radio Komunitas MMC FM Selo,Boyolali untuk melakukan sarasehan dan siaga memantau kawan-kawan yang sedang melakukan pendakian.


Kegiatan yang di mulai sejak sore hari para rombongan pendaki datang di lokasi meeting point untuk istirahat dan pendaftaran ulang. Kegiatan di mulai pukul 19.00 wib dengan melakukan nonton bareng pemutaran film Mahaguru Merapi dan Asmorodono Merapi(Digdoyo Ingi Beboyo) ,semua film yang menceritakan dan pengetahuan akan merapi dan erupsi merapi 2010. Kegiatan ini guna mengetahui secara teori dan pengalaman warga soal merapi. Para pendaki dengan antusias menonton film tersebut bersama warga Kuncen,Samiran,Selo,Boyolali berkumpul menjadi satu di halaman rumah warga yang diselimuti dengan udara yang dingin gunung tak menyurutkan antusiasme warga dan para pendaki yang sudah datang sekaligus untuk pengakrapan antar pendaki.

Sambil menikmatin makan malam yang sudah di sediakan berupa makanan ala kandarnya khas angkringan ini menambah nikmat suasanan malam sebelum pendakian di mulai. Sedangkan para tim panitian penyelenggara melakukan breafing kepada beberapa pendaki yang sudah pernah dan tau jalur untuk melakukan pengawalan bergabung bersama relawan lokal anggota Rakom MMC FM,serta pembagian kloter keberangkatan dimana setiap kloter berjumlah 10 orang di dampingi 1 pendaki pengalaman dan relawan lokal.

Pukul 23.00 wib para pendaki di antar menggunakan 2 mobil dari meeting point studio MMC FM ke jalur awal pendakian yakni di New Selo,dan kendaraan para pendaki di tinggal di halaman meeting point agar aman di jaga oleh kawan-kawan yang stay di bawah memantau dan siaga jika terjadi apa-apa dengan kawan-kawan pendaki.

Minggu ,19 Oktober 2014 Pukul 08.00-12.00 wib para pendaki mulai turun sampai basecame New Selo membawa sampah yang berserakan di merapi karena ulah para pendaki lain yang membuang sampah sembarangan menggunakan kantong plastik yang di support dari BTNGM ( Balai Taman Nasional Gunung Merapi).

Tim pennunggu tentunya menunggu di New Selo untuk melakukan absensi kepada rombongan pendaki kita dan mengumpulkan sampah yang mereka bawa dari atas. Pendaki terkahir dari rombongan kita turun sampai new selo pukul 12.00 wib,sedangkan pendaki sebelumnya yang sudah turun langsung di jemput kendaraan untuk di antar di meeting point agar bisa istirahat,bersih-bersih dan makan agar stamina mereka segera pulih untuk melanjutkan perjalanan pulang ke rumah masing-masing.

Dan perlu di ketahui para pendaki rombongan kami tidak dipungut biaya,hanya mereka harus membayar tiket retribusi di base came Balameru sebesar 10 ribu rupiah. Karena kegiatan ini sudah di support penuh oleh mitra program Jalin Merapi yakni dari FMYY Jepang. Serta untuk alat dan teknis tentunya dari rekan-rekan Combine Jogja. Tak hayal kegiatan sukses berkat kawan-kawan komunitas dari Rakom MMC Fm yang sudah support sepenuhnya kegiatan ini sebagai motor utama.

Kegiatan berlangsung dengan sukses tanpa halangan suatu apa pun,dan semua pendaki selamat sampai rumah. Para pendaki yang sebelumnya tidak kenal menjadi akrab,sehingga secara tidak langsung menambah saudara dan jaringan pertemanan bagi kita semua. Semoga kegiatan tahunan ini yang sudah dilaksanakan selama 3 tahun terkahir ini bisa dilanjutkan kembali di tahun-tahun berikutnya.

Bayu Sapta Nugraha - Radio Komunitas K FM Magelang
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :