RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

16 Mei 2014

Home » , , , , , , » 12 Tahun JRKI 12 jam Siaran 12 Topik Bahasan

12 Tahun JRKI 12 jam Siaran 12 Topik Bahasan

JRKI – Perjuang Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) dalam dekade ini tak terasa sudah berjalan selama 12 tahun,tepat pada tanggal 15 Mei 2014 ini.

Dalam rangka memperingati hari lahirnya JRKI diadakan acara yang berbasis radio yakni siaran 12 jam dengan 12 topik bahasan, siaran ini dilakukan secara streaming yang di relay dan dipancar ulang oleh radio komunitas di beberapa wilayah di Indonesia. Siaran streaming ini dilakukan oleh Terminal Informasi Radio Komunitas Sangkala JRKI Kantor Berita Berjaringan.

Dalam tema #12ThnJRKI #12JamSiaran #12TopikBahasan ini dimulai pada pukul 10.00-22.00 wib pada hari Kamis,15 Mei 2014 di studio Sangkala JRKI yang berlokasi di Setnas JRKI di Solo,jawa Tengah.

12 Topik Bahasan yakni membahas soal Radio Komunitas dengan : Undang-Undang Penyiaran,Undang-undang Desa , Lingkungan , Masyarakat Adat , Pengurangan Resiko Bencana , Perempuan , Anti Korupsi , Demokrasi , Keberagaman dan Toleransi , Kependudukan , Layanan Publik , dan Teknologi. Pembukaan siaran di awali dengan lagu Nasional Indonesia raya dilanjutkan 12 kali di putarkan Hymne JRKI dan 12 CUE Ucapan Hari Jadi dari kawan-kawan radio komunitas di daerah dengan bahasa dan dialeg daerahnya masing-masing.

Dialog pertama di buka dengan mengulas balik sejarah beridirinya JRKI 12 tahun silam dengan nara sumber Bowo Husodo yang dipandu langsung oleh Ketua Umum JRKI Sinam M.Sutarno. Dialog lain juga melalui telephone langsung yang di moderatori Rinaldi. Dialog melalui telephone ini berjalan untuk semua topic bahasan bersama narasumber sesuai dengan topic bahasan, yakni : Sita Laksmi (SEATTI-Hivos) ,Imam Prakoso (Vice President Amarc Asia Pacific) ,Dian Kartika Sari (Koalisi Perempuan Indonesia), Paulus Widiyanto ( mantan Tim Ahli Pendamping RUU Penyiaran DPR RI ) , Chrystel (Kanal KPK), Sukiman (Koordinator Jalin Merapi) , Suraji (SFCG) , Abdon Nababan (Aliansi masyarakat Adat Nusantara), serta beberapa kawan dari daerah yakni : Teuku Ambral dari JRK Aceh, Dayat JRK Sulut, Rifky Indrawan JRK Lampung , Ibe JRK Sulawesi Tenggara , Latif JRK Jawa Barat dan Gani Rachman si Sekertariatan 2 JRKI di Bandung. Tak ketinggal kawa-kawan yang hadir di Setnas JRKI yang juga ikut dialog langsung di sangkala yakni Wahyono Ketua JRKI Jatim yang dating langsung ke studio SangkalaJRKI beserta beberapa pengurus JRKI Jatim Diah,Tuti dan Yuni yang ikut siaran juga dalam acara ini.

Banyak pesan,kesan ,Doa,Motivasi dan tentunya evaluasi untuk JRKI yang sudah berumur 12 tahun ini dan kedepannya harus bagiamana.

Bayu Sapta Nugraha
Editor : Rinaldi
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .

Share this article :