RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

14 Mei 2014

Home » » Wakil Presiden RI Hadiri Acara Waisak di Magelang

Wakil Presiden RI Hadiri Acara Waisak di Magelang

Magelang – Kegiatan hari kedua Hari Raya Waisak oleh umat Agama Budha di lakuakan pada Hari Rabu tanggal 14 Mei 2013 jam 19.30 s/d 21.35 wib yang berlokasi Di Taman Lumbini komplek Taman Wisata Candi Borobudur yang masuk wilayah Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.

Kegiatan yang dilaksanakan secara seremonial Waisak 2558 BE/2014 M dengan tema " Kembangkan Brahmavihara Untuk Kebahagiaan Semua Makhluk ".  Hadir dalam acara tersebut : Wakil Presiden RI Prof. Dr. Boediono beserta Ibu ,  Menteri agama RI Suryadarma Ali ,  Plt Ketua Umum DPP Walubi Ir. Arief Harsono, MM ,  Dirjen Bimas Buddha Drs. Dasikin,M.Pd , Gubernur Jateng H. Ganjar Pranowo beserta ibu Atiko Ganjar pranowo,  Pangdam IV / Dip Mayjend. TNI  Sunindiyo,  Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Noer Ali, Ketua DPD Walubi Jateng David Hermanjaya, Muspida Kab. Magelang , Para Sangha, Pimpinan Majelis dan Pimpinan Umat Budha,  61 orang biksu dari luar negeri, Umat Budha dan pengunjung serta tamu undangan  kurang lebih sebanyak 8.000 orang.

Upacara tersebut diisi dengan Pembukaan,Menyanyikan lagu Indonesia Raya,dan sambutan pertama oleh Ketua Panitia Waisak oleh  Plt Ketua umum DPP Walubi Ir. Arief Harsono, MM, M.Pd.B. dengan inti sambutan yakni ucapan Puji sukur selamat datang, terimakasih atas kedatangan bapak Wakil Presiden , Bahwa peringatan dan perayaan Waisak 2558 BE / 2014 M adalah sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati dan merayakan tiga peristiwa penting bagi umat Budha yaitui lahirnya Sidarta gautama, penerangan atau pencerahan sempurna yang dicapainya serta wafatnya sidarta gautama, kelahiran sidarta gautama tahun  623 sebelum masehi ditaman lumbini Nepal. Sesuai dengan tema Waisak tahun ini kembangkan brahmavihara untuk kebahagiaan semua makluk dan sub tema senantiasa berpandangan terang dan pikiran luhur .metta, karuna, modita, upeka adalah ajaran sang budha untuk dama kemuliaan baik diri sendiri alam dan makluk di dunia, bramavihara adalah kecerdasan hati.

Dilanjutkan pesan-pesan Waisak 2558 BE oleh biksu Tadisa Paramita Mastavira yang intinya Hari Trisuci Waisak memperingati tiga peristiwa agung yang terjadi pada bulan Waisak, yaitu peristiwa kelahiran Bodhisatta Siddhattha yang kelak menjadi Buddha Gotama, saat pencapaian Penerangan Sempurna Kebuddhaan, dan saat mangkat Buddha Gotama. Tiga peristiwa agung itu menjadi objek penghormatan bagi umat Buddha dalam Pujabakti Waisak. Tahun ini tepat pada tanggal 15 Mei 2014 kita memperingati Trisuci Waisak. Umat Buddha melakukan Pujabakti Waisak di candi, vihara ataupun cetiya dimana mereka berada.Selamat Hari Raya Trisuci Waisak 2558/2014 bagi seluruh umat Buddha Indonesia. Semoga berkah Waisak melimpah pada kehidupan kita, hidup bahagia lahir maupun batin dalam Dhamma ajaran Guru Agung Buddha.

Selaku Tuan Rumah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo  memberikan sambutan yang intinya  puji syukur selamat datang pada wakil presiden RI yang berkenan hadir dalam kegiatan ini , Atas nama pemerintah Jawa Tengah kami mengucapkan selamat hari Tri Suci Waisak 2558 BE / 2014 M. Kepada seluruh umat Budha yang hadir disini dan seluruh umat Budha di Indonesia . Bagaimana umat Budha agar mendapat akses ibadah di Candi Borobudur, Pemerintah Jateng akan bantu sepenuhnya akan kita wijudkan satu akses ibadah untuk Agama Budha di Candi Borobudur ini. Kami mengajak pada panitia agar ada diskusi diskusi acara tersebut kami gubernur menunggu dari panitia agar menghubunggi Pemerintah Jawa Tengah agar akses ibadah di Candi Borobudur dapat terwujud.

Dan yang terkahir sambutan dari pemerintahan pusat yang kali ini dihadiri oleh Wakil Presiden RI Bp. Prof Dr Boediono yang  intinya atas nama pemerintah  RI mengucapkan selamat merayakan Hari raya Tri Suci Waisak 2558 BE / 2014 M kepada umat Budha, salam hangat dari bpk presiden karena tidak bisa hadir di acara ini semoga Waisak membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi umat manusia. Membangun bangsa yang maju dan sejahtera perlu kerja keras selamat hari Waisak semoga umat buda Indonesia dapat menyumbangsih terhadap bangsa dan negara bakti di bulan Waisak adalah saat yang paling baik bagi setiap umat Budha untuk merenungkan kembali pesan Dharma yang membawa kedamaian pada diri sendiri orang lain maupun lingkungan dan kepada seluruh umat beragama mari kita berdoa semoga Tuhan memberkati kita semua agar bangsa Indonesia mampu menyelesaikan semua persoalan yang di hadapi menuju terwujudnya kehidupan masyarakat yang demoktaris, harmonis dan sejahtera.

Sambutan dari Wakil Presiden RI tadi sekaligus menutup rangkaian sambutan pada malam ini yang di lanjutkan pembacaan doa Waisak oleh Bhikkhu Wongsin Labhiko Mahathera dan diselingi dengan hiburan Pentas Kesenian Brahmavihara serta Penyerahan Bunga Tangan dan  Penutup.

Nanti sekitar pukul 02.30 wib ,Kamis 15 Mei 2014 akan dilkasanakan pelepasa 1000 lampion oleh umat budha dan pengunjung di pelataran Candi Borobudur sesuai dengan jadwal yang di agendakan oleh panitia.

Rakom K FM - Bayu Sapta Nugraha
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :