RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

14 Mei 2014

Home » , , , , , , » Pembukaan Hari Raya Waisak Di Candi Mendut

Pembukaan Hari Raya Waisak Di Candi Mendut

Patung Dalam Candi Mendut Magelang
Magelang - Hari raya Umat Budha yakni Waisak yang jatuh pada Hari kamis Tanggal 15 Mei 2014 di rayakan dengan ibadah suci seperti biasanya di pelataran Candi Borobudur di Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.

Prosesi acara sudah dimulai pada Hari Selasa tanggal 13 mei 2014 jam 15.15- 18.00 wib yang berlokasi di candi Mendut di daerah Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang telah dilaksanakan penerimaan dan pemberkatan air suci dan api abadi Waisak Nasional 2558 BE Tahin 2014 yang diserahkan oleh ketua DPD WALUBI JATENG David Hermanjaya kepada  Dirjen Bimas Buddha Drs.Dasikin,M.Pd. dan Ketua Umum DPP WALUBI Ir. Arief Harsono, MM.

Acara tersbut juga ikut dihadiri Dirjen Bimas Buddha Drs.Dasikin,M.Pd,  Ketua umum DPP Walubi Ir. Arief Harsono,MM ,  Sekjen Walubi Cipta Surya , Ketua Penasihat Biksu Thailand Biksu Kahumun Dama Warachan , Ketua Majelis Mahayana Jateng Ibu Andreas ,  Ketua Dpd Walubi Jateng  David Hermanjaya dan  para Bhiku dan Bhiksu Sangga serta Rohaniawan Agama Budha kurang lebih sebanyak 200 orang.

Acara dimulai dengan Pembukaan dilanjutkan dengan Sambutan Plt Ketua Umum Dpp Walubi Ir. Arief Harsono, MM dengan  intin sambutan yakni Pengambilan api dan air adalah lambang mensucikan diri dari dosa, 10 ribu botol air suci untuk di sakralkan di candi mendut, air sebaga sarana untuk kesejukan, api abadi dari merapen grobogan melambangkan kekuatan yang menerangi manusia setelah kegiatan ini akan mengelilingi candi mendut dengan parita parita suci doa perdamaian dunia, api dan air sarana puja bakti, terimakasih pada semua pihak yang telah bekerja keras demi terselenggaranya giat ini.Dilanjutkan menyalakan lilin besar sambil panjatkan mantra puja lilin dan puja dupa.

Setalh sambutan tersebut dilakukan penyalaan lilin Panca Warna yang maknanya bersinar sangat terang dan cemerlang. Dengan di iringi Doa dari masing-masing majelis Theravada, Mahayana, Tantrayana,Nichiren, Maitreya, Tri Dharma, Kasogatan dan Madhatantri yang dipimpin oleh Biksu Kahumun Dama Warachan ketua penasihat biksu Thailand.

Kegiatan selanjutnya yakni Pradaksina dan Puja Bakti yakni persemayaman api abadi dan air suci waisak di dalam Candi Mendut serta di akhiri dengan penutup

Rakom K FM - Bayu Sapta Nugraha
Share this article :