RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

28 Apr 2014

Home » » FGD Kanal KPK bersama JRK Wilayah

FGD Kanal KPK bersama JRK Wilayah

JRKI – Pendidikan soal anti korupsi memang harus gencar kita suarakan dan ajarkan ke seluruh masyarakat Indonesia melalui semua media dan cara yang mampu kita lakukan, seperti hal nya melalui udara kita suarakan pendidikan anti korupsi dengan tujuan tidak lain untuk mencegah tindakan korupsi yang semakin meraja lela di Negara Indonesia. Koruspsi di Indonesia bias dikatakan sudah mendarah daging. Pelaksana kegiatan yang menyangkut anggaran public maupun proses politik sudah tidak bias membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak dalam mengalokasikan anggaran. Penyelewengan penggunaan keuangan public hamper terjadi di semua level pemerintahan maupun non pemerintahan, pun di desa.


Untuk menindak lanjuti gerakan kawan-kawan Radio Komunitas yang tergabung dalam sebuah jaringan yakni JRKI ( Jaringan Radio Komunitas Indonesia ), gerakan yang sudah berjalan selama ini yakni GRKIB ( Gerakan Radio Komunitas Untuk Indonesia Bersih ). Untuk memperkuat materi siaran soal pendidikan anti korupsi maka JRKI berkerja sama dengan Kanal KPK yakni radio streaming di bagian humas KPK  ( Komisi Pemberantasan Korupsi ) .

Kerja sama ini sudah di launching  pada tanggal 21 Maret 2014 di Studio Kanal KPK di gedung lantai 3 KPK di Jakarta,dimana lunching ini memaknai sebuah kolaborasi antara kanal KPK dan JRKI, dimana menjadi jaringan amplitude untuk menyuarakan gerakan anti korupsi sampai ke pelosok Indonesia melalui radio komunitas.

Selanjutnya Kanal KPK dan JRKI yang di support oleh GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit ) melakukan FGD ( Focus Group Discusion ) di beberapa JRK wilayah,yakni di JRKI Jatim ( Jaringan Radio Komunitas Indonesia Jawa Timur) , JRKY ( Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta), JRK Jateng ( Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah) , dan JRK Jabar ( Jaringan Radio Komunitas Jawa Barat ).

FGD yang masih berjalan pada bulan April 2014 ini kan mengajak kawan-kawan radio komunitas di wilayah untuk berdiskusi soal gerakan ini melalu radio komunitas,dan produk-produk apa saja yang memang cocok dan bisa di terima di komunitasnya. Serta untuk mendorong kerja sama antara KPK dan radio komunitas untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang isu-isu anti-korupsi.Yang terakhir untuk meningkatkan kapasitas radio komunitas untuk menyuplai konten/materi siar tentang nilai-nilai antikorupsi di masyarakat kepada Kanal KPK.

Dari beberapa hasil FGD yang sudah di laksanakan beberapa waktu lalu di Surabaya,Yogyakarta dan Jawa Tengah telah di hasilkan beberapa hail yakni adanya siaran bersama antara radio-radio komunitas dengan Kanal KPK, Pemutaran Iklan Layanan Masyarakat/ PSA pendidikan Anti Korupsi, Talkshow mengenai anti korupsi,Mengikuti perlombaan Feature Radio Komunitas, Mengadakan Quiz yang berkaiatan dengan Anti Korupsi dari aras Pencegahan dari tingkat lokal (desa), Adaanya pemahaman masyarakat mengenai pencegahaan terhadap Korupsi.

Semua hasil diskusi ini akan di upayakan oleh kawan-kawan radio komunitas untuk melakukan gerakan bersama KPK dengan tujuan akhir pemberantasan korupsi dan lawan korupsi di Indonesia. Dengan semangat GRKIB maka komunitas/pendengar kita akan melayani diri mereka sendiri soal pendidikan anti korupsi melalui radio komunitas dengan support materi dan ilmu dari Kanal KPK dan KPK.

Bayu Sapta Nugraha

Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :