RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

19 Mar 2014

Home » » Pagelaran Teater Boneka Anak-anak Merapi

Pagelaran Teater Boneka Anak-anak Merapi

Doc.Tlatah Bocah Merapi
Magelang- Kebudayaan jawa tak henti-hentinya terus di lestarikan agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman saat ini. Pentingnya pelestarian ini agar kelak kesenian local ini tidak hilang dan terus di lestarikan oleh anak cucu kita.

Hal ini yang sering di adakan oleh beberapa tokoh budaya lereng merapi khususnya di wilayah Magelang,Jawa Tengah yang sering membuat acara pentas seni kebudayaan jawa dan kolaborasi lainnya.


Salah satu acara yang akan di gelar yakni Pagelaran Teater Boneka Anak-anak Merapi yang akan di selelnggarakan Sabtu, 22 Maret 2014 ,Jam 14.00-17.00 yang berlokasi di pendopo kebudayaan di Desa Sumber,Kec. Dukun,Kaupaten Magelang tepat sekitar 10 Km dari puncak merapi.

Acara ini akan terselenggara berkat kerja sama Komunitas Tlatah Bocah - Merapi,Teater Boneka Papermoon - Jogja,Polyglot Theatre - Australia. Serta melibatkan komunitas local lereng merapi yakni Padepokan Seni Tjipta Boedaja - Tutup Ngisor - Merapi, Sanggar Bangun Budaya - Sumber - Merapi,Komunitas Seni Bangun Jiwo - Gejiwan - Merapi,
,Komunitas Seni Berut - Berut - Merapi,Omah Ngisor - Sambak - Sumbing,Bocah Ilalang - Bebengan - Menoreh,Reog Singo Dilogo - Gumuk – Merapi.

Pagelaran ini dimana cerita yang dikembangkan anak-anak Merapi berdasarkan referensi keseharian mereka menggunakan boneka ukuran kecil sampai super besar. Dimainkan dalam arena luas yang menyatu dengan penonton. Karya teater boneka ini merupakan presentasi dari hasil lokakarya (workshop) yang melibatkan 70 anak-anak s/d dewasa tgl 12-21 Maret 2014 difasilitasi seniman teater, tari, musik, komik dari Merapi, Jogja, dan Australia.

Acara ini akan bertambah meriah karena akan dimeriahkan oleh anak-anak dusun lereng merapi yang akan menarikan Reog Ponorogo dan kuda lumping.

Demi melestaarikan kebudayaan jawa dan nguri-uri kesenian local mari datang dan sukseskan acara ini secara gratis.

Bayu Sapta Nugraha
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :