RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

11 Nov 2013

Home » » Pelatihan DMAM di Radio Komunitas Lereng Merapi

Pelatihan DMAM di Radio Komunitas Lereng Merapi

Magelang- DMAM ( Disaster Managemen Audio Material ) pelatihan untuk radio komunitas yang berkerja sama dengan FMYY (Radio Komunitas dari Jepang) bersama Combine RI sebuah lembaga di Yogyakarta untuk menindak lanjuti program Tanggung Merapi yang sudah berjalan selama ini di beberapa radio komunitas lereng merapi yang tergabung dalam jalin merapi.




Senin,11 November 2013 berlokasi di rumah salah satu crew radio komunitas K FM yang berlokasi di sebelah studio radio di dsn.Tegalsari,Desa.Dukun,Kecamatan Dukun Magelang pelatihan dimulai sekitar pukul 14.00 wib. Pelatihan yang dihadiri 15 orang yang terdiri dari crew rakom K FM,CRI dan FMYY.

Pelatihan untuk kesekian kalinya dalam program Tangguh Merapi ini,kali ini fokus dalam DMAM,dimana pelatihan ini direncanakan akan diadakan selama 2 hari tanggal 11-12 November di jam yang sama. Pelatihan hari pertama fokus dalam pembuatan konsep hunting isu yang berkembang dimasyarakat dan melihat tujuan sasaran target masyarakat sekitar radio. Pemetaan wilayah untuk memetakan keadaan geografis,potensi,status sosial,pendidikan,kesehatan dan lain-lain.

Hari pertama ini sudah menentukan beberapa pokok isu yang akan di angkat dalam sebuah kegiatan yang diambil dari maping sederhana oleh para crew yang sudah mengetahui keadaan wilayah. Yang rencana hari kedua akan ditindaklanjuti dengan hunting informasi dilapangan sesuai isu yang diangkat dengan pola wawancara dan observasi kepada nara sumber dan masyarakat komunitas di sekitaran radio,dimana kemudia akan diangkat menjadi konten radio yang entah itu berupa ILM,Feture,Talkshow,Adlieb dan lain-lain.



Tujuan kali ini secara tindak langsung radio akan lebih mempertajam kemampuan mereka selama ini untuk menggali isu di masyarakat yang akan ditransfer menjadi konten radio,agar peran radio dan masyarakat saling terkait,serta radio memang mampu menyediakan kebutuhan informasi terhadap komunitasnya yang sesuai dengan kebutuhan dan pemetaan dalam kegiatan On air maupun off air.

By - Bayu Sapta Nuggraha


Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :