RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

3 Agt 2013

Home » » Aktivitas Merapi Hanya di Permukaan

Aktivitas Merapi Hanya di Permukaan

Aktivitas Merapi Hanya di Permukaan
Puncak Gunung Merapi tampak jelas ketika cuaca cerah. Menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang menyukai suasana pegunungan
 
Merapi- Aktivitas kegempaan dan hembusan asap yang keluar dari Gunung Merapi beberapa waktu yang lalu, menurut Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi kebencanaan Geologi (BPPTKG) Subandriyo, tak mengarah pada letusan magmatis. Terlebih, berdasarkan pemantauannya, tidak tampak adanya pembengkakan pada tubuh gunung yang biasanya akibat dari tekanan magma. Dengan demikian menurutnya tidak ditemukan adanya indikasi letusan magmatis meski aktivitasnya sempat meningkat.
 
"Selama ini aktivitas Merapi hanya ada di permukaan dan bukan dari dalam," ungkapnya sela-sela buka bersama, Jumat (2/7/2013).
 
Subandriyo menegaskan, status Merapi masih normal. Ancaman dari hujan abu, menurutnya tidak berpotensi bencana. Risiko maksimumnya terutama jika berada di puncak saat terjadi hembusan. 
 
"Sejak awal Juni kami rekomendasikan tidak ada yang boleh mendekati puncak," ujarnya. 
 
Terkait saran dari pusat untuk menaikkan status Merapi menjadi waspada dianggapnya belum perlu. Meski demikian pihaknya amat memahami saran tersebut karena pusat menginginkan jangan sampai ada jatuh korban.
 
"Merapi tidak ada perubahan dan masih normal," tegasnya.(*)
 

Sumber : Tribun New
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :