RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

9 Agt 2013

Home » » Kesenian Topeng Ireng Rayakan Idul Fitri

Kesenian Topeng Ireng Rayakan Idul Fitri

Magelang – Masih dalam suasan  Lebaran Idul Fitri Ramadhan tahun ini,banyak tradisi atau kebiasaan masyarakat untuk menghibur warganya yang sedang mudik ke kampong halamannya.

Seperti halnya yang dilakukan masyarakat Dusun Plambongan,Desa Dukun,Kecamatan Dukun,Magelang ini,selain menyemarakan hari raya idul fitri ini juga untuk mengobati rasa kangen para warga yang sedang mudik lebaran untuk menyaksikan pentas kesenian dari wilayah Magelang yang sudah tidak asing lagi yakni Topeng Ireng.


Walau dengan suhu cuaca dingin di lereng merapi sebelah barat ini antusias warga yang mudik maupun tidak dari kampong itu sendiri maupun kampong tetangga banyak yang hadir untuk menyaksikan kesenian ciri khas Kabupaten Magelang ini.

Untuk kali ini kelompok kesenian yang diundang dari daerah Dusun Sikepan,Bringin,Srumbung yang notabenenya wilayahnya tetangga kecamatan.

“Acara ini di adakan selain menghibur warga masyarakat dusun Plambongan dan sekitarnya ,secara tidak langsung untuk halal bihalal memperat tali silaturahmi antar warga”, ungkap salah satu tokoh masyarakat Plambongan.

Bayu Sapta NUgraha-Rakom K FM
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :