RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

6 Jul 2013

Home » » Tempat Karaoke di Magelang Dilempar Granat

Tempat Karaoke di Magelang Dilempar Granat

Tim gegana Polda Jateng mendeteksi granat yang dilempat orang tidak dikenal di depan tempat hiburan karaoke Happy Puppy Kota Magelang Jateng, Sabtu (6/7/2013). |

MAGELANG — Sebuah tempat karaoke "Happy Puppy" di Kota Magelang, Jawa Tengah, dilempar granat siap ledak oleh orang tidak dikenal, Sabtu (6/7/2013) pagi. Granat jenis manggis buatan Korea itu ditemukan tergeletak di pintu masuk tempat hiburan itu oleh Bambang (33), salah satu penjaga malam sekitar pukul 04.00 WIB.

Granat manggis itu diketahui bernomor lot K8I Fuze ec-82h 810-0 granate hand frag delay com B lot C-85m605-0.

Kapolres Magelang Kota AKBP Joko Pitoyo mengatakan, awalnya saksi mengira granat tersebut adalah batu yang dilemparkan oleh orang tidak dikenal yang mengendarai sepeda motor jenis matic.

Berdasarkan keterangan saksi, Joko mengungkapkan, pengendara motor dikenali berperawakan kurus. Pelaku berhenti sesaat di depan lokasi, lantas melemparkan granat itu tepat di depan pintu masuk.

"Semula granat itu dikira batu oleh saksi, tetapi setelah hendak diambil dan diamati ternyata sebuah granat yang telah dilepas pematiknya. Pelaku ketika itu langsung melarikan diri," ujar Joko di lokasi kejadian, Sabtu (6/7/2013).

Sebelum granat meledak, saksi langsung melapor ke Polres Magelang Kota. Laporan ini ditindaklanjuti Polres Magelang dengan menghubungi Satuan Brimob Kutoarjo untuk membantu mengamankan bahan peledak yang masih aktif. Granat itu masuk daftar low explosive.

Sekitar pukul 08.00 WIB, petugas dari Satuan Brimob Kutoarjo tiba dan langsung melakukan deteksi di lokasi kejadian yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Bayeman, Magelang Tengah, itu. Namun, beberapa saat melakukan deteksi, petugas tidak berhasil menjinakkan granat sebab pematik granat telah lepas dan peralatan yang dibawa kurang memadai.

Akhirnya, Polres Magelang Kota menghubungi tim Gegana dari Polda Jawa Tengah. Tim tersebut tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB dan langsung mengambil alih tindakan. Tim mengambil granat dengan menggunakan peralatan yang khusus, kemudian memasukkannya ke dalam basket bom. Selanjutnya, granat itu dimusnahkan di lapangan depan SMP Negeri 7 Kota Magelang, tidak jauh dari lokasi.

"Hingga saat ini, kami belum dapat memastikan modus pelaku melempar granat tersebut. Kami masih akan melakukan penyelidikan. Kami telah meminta keterangan tiga saksi dan mengambil rekaman CCTV," jelas Joko.

Ia menambahkan, granat jenis manggis dapat dimiliki oleh siapa pun. Selama dideteksi petugas, operasional tempat karaoke dan sebuah toko serba ada di sampingnya ditutup sementara. Lalu lintas di sekitar lokasi juga sempat dialihkan.

Secara terpisah, Manajer Happy Puppy Magelang, Vincentius Eko Helmi Wiranto, mengaku mengetahui kejadian itu dari salah satu penjaga malamnya. Eko juga mengaku belum bisa memastikan penyebab adanya ancaman teror itu. Namun, ia menduga ada indikasi karena persaingan bisnis.

"Selama ini, saya merasa tidak mempunyai musuh kepada siapa pun," ujar Eko.

Penulis : Kontributor Magelang, Ika Fitriana Sabtu, 6 Juli 2013 | 17:31 WIB
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary
Sumber : http://regional.kompas.com/read/2013/07/06/1731154/Tempat.Karaoke.di.Magelang.Dilempar.Granat?utm_source=dlvr.it&utm_medium=twitter
Share this article :