RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

13 Jun 2013

Home » » BNPB Antisipasi Siklus 4 Tahun Erupsi Merapi

BNPB Antisipasi Siklus 4 Tahun Erupsi Merapi

Ilustrasi (Foto: Doc)



Kepala Pusat Penanggulangan Bencana (BNPD), Syamsul Maarif mengatakan, pihaknya tengah mengantisipasi potensi siklus empat tahunan erupsi Gunung Merapi apabila terjadi letusan Merapi tahun 2014. Harapannya tidak terjadi, kalau pun itu terjadi, akan minta bantuan kepada para tokoh masyarakat untuk mengajak warga menyelamatkan diri.

“Dari 2.700 warga yang menjadi korban Merapi saat ini ada 650 warga yang di sekitar lereng di Yogyakarta enggan di relokasi. Bahkan di wilyah Klaten hampir semua warga tidak mau direlokasi. Masyarakat yang tidak mau turun disiapkan jalur evakuasinya,” kata Syamsul Maarif usai berbicara dalam Asia Pasific Disaster Risk Reduction and Resilience (APDR) di Hotel Sheraton, Kamis (13/06/2013).

Syamsul mengungkapkan, bila kemungkinan besar Gunung Merapi tahun depan mengalami erupsi kembali, berharap tidak ada lagi warga yang menjadi korban. Masyarakat agar mengikuti arahan pemerintah lewat sistem peringatan dini yang sudah dipasang di sekitar lereng Mrapi. “Jika mengikuti early warning system, semua bisa selamat,” katanya.

Menanggapi belum semua warga Merapi bersedia dipindahkan ke hunian tetap, Syamsul Maarif mengatakan, pihaknya tidak akan memaksa. Namun demikian diharapkan kerja sama warga agar selalu mengikuti arahan pemerintah saat terjadi masa darurat bencana erupsi merapi. Kendala relokasi juga tidak pada warga masyarakat namun dimanfaatkan para calo tanah.

Para calo yang mengarahkan agar warga pindah di daerah yang sudah ditentukan oleh calo tanah tersebut. “Kita mohon kepala daerah dan pejabat daerah untuk ikut turun tangan,” katanya.

Kepala Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan kesiapan masyarakat yang tangguh menghadapi bencana sangat penting.  “Teknologi apapun tidak mampu menghadapi bencana dengan baik kalau masyarakatnya kurang siap,” ujarnya. (Asp) 
Sumber : http://krjogja.com/read/176422/bnpb-antisipasi-siklus-4-tahun-erupsi-merapi.kr
Share this article :