RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

14 Jun 2013

Home » » Hujan abu terjadi di lereng barat Merapi

Hujan abu terjadi di lereng barat Merapi

Gunung Merapi mengeluarkan asap sulfatara di Sleman, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)


Magelang (ANTARA News) - Hujan abu tipis terjadi di lereng sebelah barat Gunung Merapi, di sejumlah desa di tiga kecamatan Kabupaten Magelang, yakni Srumbung, Dukun, dan Muntilan, Jumat.

Hujan abu yang diduga akibat hembusan asap sulfatara dari Gunung Merapi tersebut terjadi dalam waktu singkat, dirasakan warga sekitar pukul 09.45 WIB.



"Menurut data yang kami terima dari PVMBG, hembusan terjadi pukul 09.15 WIB. Sedang turunnya abu, mulai dirasakan warga di desa-desa di Lereng Gunung Merapi sebelah barat, baru sekitar pukul 09.45 WIB," kata Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Didik Wahyu N.

Ia mengatakan, meskipun terjadi hembusan dan hujan abu, status Gunung Merapi masih aktif normal.

"Warga tidak perlu panik dan khawatir. Hembusan dan hujan abu itu merupakan fenomena biasa dari Gunung Merapi," katanya.

Warga Dukun, Diyono membenarkan adanya hujan abu di wilayahnya pada Jumat pagi.

"Saat abu turun, saya mau keluar rumah. Sangat tipis, namun bisa dilihat dan dirasakan di kulit. Di daun-daun tanaman juga terlihat, namun tipis," katanya.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi di Ngepos, Srumbung, Kabupaten Magelang, Heru mengatakan, kejadian hembusan itu tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas Gunung Merapi.

"Data kegempaan tidak ada yang menonjol. Hujan abu tipis hanya turun di beberapa desa di Lereng Barat Merapi. Hembusan itu terjadi, karena ada tekanan dari dalam gunung. Secara umum, tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas Merapi," katanya.

Editor: Desy Saputra
Sumber : http://www.antaranews.com/berita/380029/hujan-abu-terjadi-di-lereng-barat-merapi
Share this article :