RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

24 Jan 2013

Home » » Radio Komunitas untuk Indonesia Bersih

Radio Komunitas untuk Indonesia Bersih


16 Januari 2013- Jogjakarta, Petir dengan gemuruh besar itu bersumber pada Sekretariat Nasional Jaringan Radio Komunitas Indonesia dengan sebuah deklarasi Indonesia bersih. Bersama-sama dengan Ketua-ketua Jaringan Radio Komunitas dari 12 Provinsi, bersama dengan para pegiat anti korupsi di Indonesia di Jogjakarta.

Deklarasi gerakan #Rakom untuk Indonesia bersih, berisikan: kami jaringan Radio Komunitas di Indonesia berkomitmen 1. Mendukung setiap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.2. Mendorong kesadaran kritis msyarakat untuk aktif dalam gerakan anti korupsi.3. Mengawal dan memastikan terwujudnya akuntabilitas dan transparansi dalam tata kelola pembangunan bagi publik. – Yogyakarta,15 Januari2013.
Gerakan radio komunitas ini bertanding dengan kekuatan puting beliung yang selama ini terjadi pada situasi cuaca ekstrim Indonesia. Namun dengan kekuatan yang berbeda, radio komunitas masuk pada cuaca sosial ekstrim yang bernama kejahatan korupsi. Radio komunitas telah berkomitmen untuk akan menjadi sapu pembersih semua kegiatan yang berindikasi korupsi untuk menjunjung upaya transparansi dan akuntabilitas praktik pemerintahan dan tata kelola lembaga publik yang mendedikasikan dirinya untuk kepentingan masyarakat.
Ini adalah sebuah tekat yang kuat dengan kekuatan besar untuk terus membangun ide tentang perlunya Indonesia bersih dan menghapus habis perilaku korupsi yang tidak hanya menggerogoti birokrasi juga sendi-sendi sosial. Upaya dengan segala penjuru ini menjadi upaya untuk terus memperkuat tekanan terhadap upaya yang menggunakan celah tertentu untuk melakukan korupsi. Gerakan radio komunitas akan menjadi sebuah upaya dalam bentuk kerja organisasi radio komunitas secara nasional. Radio komunitas tidak pandang bulu akan terus mengejar semua perilaku korupsi baik itu yang telah menjadi benalu di daerah maupun telah menjadi kanker sosial secara nasional. Upaya ini untuk menegakkan kebenaran bahwa korupsi adalah kejahatan yang luar biasa yang harus dibasmi dengan waktu sesingkat-singkatnya.
Radio komunitas akan membangun kerangka pembumiangusan agar semua praktek dominasi kekuasaan yang cenderung bersifat kroni, oligarkis, keluargaisme sebagai pemicu sebuah perilaku korupsi. Oleh karena itu mendorong sistem pengawasan dan kontrol menjadi sebuah kebutuhan radio komunitas agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan. Ini sebagai bentuk partisipasi aktif dari komponen masyarakat dalam pengawasan pemerintahan. Seperti halnya masyarakat, radio komunitas punya peran besar melakukan kerja investigatif untuk berbagai persoalan korupsi dengan menggunakan hak untuk memperoleh informasi publik. Bentuk paling mungkin dilakukan dengan adanya keterbukaan setiap penggunaan pendanaan yang digunakan oleh negara. Radio komunitas mempunyai peran besar dalam membuka setiap penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara terbuka. Selama ini masyarakat tidak pernah diberi akses, akan menjadi peran radio komunitas untuk membuka akses terhadap rasionalistik penggunaan anggaran tersebut.
Peran untuk mendorong sebuah kegiatan pencegahan dalam perilaku korupsi, bagaimanapun sebuah strategi untuk membersihkan hulu agar korupsi tidak mengalir ke hilir dengan sebuah strategi yang komprehensif, terencana, dan sistemik. Upaya pencegahan dengan menanamkan kepada semua komponen masyarakat bahwa korupsi akan menganggu rasa keadilan masyarakat.
Pemberantasan korupsi adalah upaya radio komunitas untuk menegakkan hak-hak keadilan distributif. Indonesia bersih adalah Indonesia yang adil!
Meldi
Berita ini juga diunggah (http://suarakomunitas.net/baca/31206/radio-komunitas-untuk-indonesia-bersih/)
Share this article :