RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

22 Jan 2013

Home » » Polres Magelang Ikut Melestarikan Bahasa Jawa

Polres Magelang Ikut Melestarikan Bahasa Jawa


K FM Magelang/22 Januari 2013 - Bahasa jawa yang sangat populer saat ini sering dikesampingkan, banyak orang jawa saat ini yang tidak bisa berbahasa Jawa Halus (Krama Inggil) yang sering dipergunakan dala percakapan sehari-hari terhadap sesama orang jawa atau pun orang yang lebih tua dari kita. Berbeda dengan warga masyarakat Kabupaten Magelang yang masih selalu melestarikan Bahasa Jawa Halus bahkan Bahasa Jawa Kawi yang sering kita dengarkan di acara pernikahan adat Jawa yang diucapkan oleh Pembawa Acara.

Kapolres Magelang beserta jajarannya mempunyai Program Unggulan Sat BinMas (Satuan Pembina Masyarakat) Polres Magelang yaitu Gladhen Basa Jawa “SOTYA SUMIRAT” yang dibina langsung oleh Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo,SH dan seluruh Jajaran Polsek di kabupaten Magelang.
Gladhen Basa Jawa “SOTYA SUMIRAT” ini diketuai oleh Brigadir Rohyani anggota Polsek Kajoran Magelang,disini masyarakat Magelang yang ingin belajar Bahasa Jawa Halus bisa ikut dan tidak dikenai biaya apapun, kata Brigadir Rohyani .Kita akan belajar bersama sampai smua peserta bisa dan mampu berbahasa Jawa halus, para peserta berasal dari berbagai kalangan, Mahasiswa,Guru,Petani,Kepala Dusun dan Desa, serta anggota Polisi, lanjut Brigadir Rohyani.
Pada hari Selasa 22 Januari 2013, Gladhen Basa Jawa “SOTYA SUMIRAT” mengadakan acara ‘Wisudhan’ atau Wisuda peserta yan g telah dinyatakan lulus dan mampu berbahasa Jawa Halus.Dalam acara Wisuda ini di ikuti oleh 52 peserta yang telah belajar selama 12 bulan.Di acara Wisudahan Gladhen Basa Jawa “SOTYA SUMIRAT” ini dihadiri juga oleh Kapolres Magelang AKBP Guritno Wibowo,SH yang juga turut me-wisuda para peserta dengan memberikan Ijazah kepada para peserta.
Pada acara Wisudhan Gladhen Basa Jawa “SOTYA SUMIRAT” ini juga turut hadir Agus Widagdo (43) pemrakarsa Gerakan GERBANG MAS (Gerakan Membangun Masyarakat Magelang LEBIH Sejahtera) yang menuturkan “Gerakan ini diharapkan bisa memberikan ruang gerak yg lebih luas pada organisasi-organisasi masyarakat dan Paguyuban-paguyuban masyarakat di kabupaten Magelang baik dibidang Pertanian,Kesenian,Kebudayaan serta Pendidikan, dan mendorong organisasi dan paguyuban tersebut untuk lebih maju dan berkembang”.
Gerakan Gerbang Mas juga akan mengusung Agus Widagdo untuk menjadi Calon Bupati Kabupaten Magelang periode 2013-2018. Pelaksanaan Pemilihan Bupati/Kepala Daerah Kabupaten Magelang ini diagendakan pada bulan Oktober 2013 ini.
Via :Tonny Purniawan - @tonny_khadavi
Edt :BSN


Share this article :