RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

10 Jan 2013

Home » » Kesenian Soreng Magelang Meriahkan Merti Desa

Kesenian Soreng Magelang Meriahkan Merti Desa


K FM Magelang- Magelang sebuah wilayah dengan culture budaya yang cukup banyak dengan berbagai bentuk kesenian daerah yang banyak. Hal ini sangatlah menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat magelang khususnya. Sehingga sering dalam acara-acara kemasyarakatan sering diundang untuk pentas.
Salah Satunya Kesenian Soreng yang merupakan salah satu jenis kesenian tradisional yang ada di kabupaten magelang, kesenian ini asli berasal dari kabupaten magelang  tepatnya dari Dusun Deles kelurahan Jogonayan kecamatan Ngablak kabupaten Magelang.

Pertunjukan ini sangatlah berbeda dengan kesenian tradisional lainnya, karena pementasannya berupa Tarian Keprajuritan menggambaran keprajuritan jaman kerajaan Pajang (kerajaan sesudah Demak-red).
Dengan mementaskan beberapa tarian dan karakter yg berbeda dari tiap-tiap babak/sesi ,yaitu tarian Kuda lumping , Jaran sari, dan tarian Soreng. Pemain/penari Soreng terdiri dari Laki-laki dan Perempuan ,untuk jenis tarian Kuda lumping dan Soreng dimainkan oleh kaum Laki-laki usia antara 20-40 tahun, sedangkan untuk tarian jaran sari dimainkan oleh kaum Perempuan usia antara 18-35 tahun.
“Total anggota dari Paguyuban Kesenian Soreng ini ada 60 orang”,  kata Sutar selaku Pembina kesenian Soreng Tri Budaya Manunggal sekaligus Kepala Desa Jogonayan.
Menurut Manuto “Kesenian ini didirikan pada tahun 2002 dan sampai saat ini sudah mengikuti beberapa event dan festival yang di adakan di Kabupaten Magelang ,tingkat Propinsi bahkan Nasional. Tahun 2004 kita pernah pentas di TMII dan Bali ,kata Manuto, dan selalu menjadi Juara 1 di setiap Festival.  Manuto menambahkan bahwa tahun 2012 kemarin Paguyuban Kesenian Soreng Tri Budaya Manunggal  dibawah bimbingannya menjadi Juara 1 Festival Kesenian Se-Jawa Tengah, dan saat ini menjadi Kesenian andalah di Kabupaten Magelang,Kelompok Soreng ini dibina dan dilestarikan oleh Sutar (43) selaku Kepala Desa Jogonayan dan Manuto (57) seniman asli Magelang”.
Pada tgl 07 Januari 2013 Kesenian Soreng Tri Budaya Manunggal ini tampil di dusun Deles Jogonayan Ngablak Magelang dalam rangka Perti Desa atau Saparan di Desa Jogonayan. Acara Perti Desa atau Saparan ini selalu dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat desa ini sebagai wujud syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atau limpahan rejeki, kebahagiaan, kesejahteraan, dll.
Pada acara Perti Desa tersebut juga turut hadir Agus Widagdo (43) pemrakarsa Gerakan GERBANG MAS (Gerakan Menuju Masyarakat Magelang lebih sejahtera).
“Gerakan ini diharapkan bisa memberikan ruang gerak yg lebih luas pada organisasi-organisasi masyarakat dan Paguyuban-paguyuban masyarakat di kabupaten Magelang baik dibidang Pertanian,Kesenian,Kebudayaan serta Pendidikan, dan mendorong organisasi dan paguyuban tersebut untuk lebih maju dan berkembang”,ungkap Agus.
Gerakan Gerbang Mas juga akan mengusung Agus Widagdo untuk menjadi Calon Bupati Kabupaten Magelang periode 2013-2018 yang di agendakan akan dilaksanakan Pemilihan Bupati/Kepala Daerah bulan Oktober 2013 ini.
( Tony Purniawan – @tonny_khadavi )
Ed; BSN
Share this article :