RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

7 Mei 2014

Home » » Magelang- Operasi Penambangan Liar Merapi

Magelang- Operasi Penambangan Liar Merapi

Magelang – Maraknya penambangan liar menggunakan alat berat berupa Backkhoe yang di sinyalir mendukung penyebab rusaknya jalur evakuasi merapi dan alam di wilayah Kecamatan Dukun,Kabupaten Magelang.

Rabu 7 Mei 2014 dilakukan operasi besar-besar di lokasi tambang yakni di alur kali senowo wilayah Dukun dan Lokasi Tambang di wilayah Desa Keningar. Operasi ini dilakukan oleh jajaran gabungan dan pimpin dari Pemda Kabupaten Magelang Ir.Triagung Sucahyo,Satpol PP Kabupaten Magelang, BPBD Kabupaten Magelang,TNI , Polri,Dishub Kabupaten Magelang,Muspika Kecamatan Dukun dan BBWSO(Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak)selaku Penggarap Proyek Rehabilitasi DAM Senowo . Operasi  ini ber tujuan penertiban penambangan liar.

Dalam operasi pertama yang berlokasi di  alur kali senowo di kawasan kecamatan Dukun ditemukan ada 8 alat berat (backhoe), namun yang melakukan penambang material merapi hanya  1 alat berat yang pemiliknya baru di cari ,dan  7 alat berat adalah milik bbwso dalam rangka rehabilitasi DAM senowo yang berlokasi di tutup ngisor dan tidak untuk menambang. Alat berat yang melakukan penambangan itu langsung di sita oleh satpol PP untuk di tarik turun menggunakan truk trailer,sedangkan pemiliknya baru di usut.

Setalah melanjutkan operasi di alur kali senowo jajaran melakukan operasi penambangan di lokasi lain yakni penambangan di desa  Keningar,Kecamatan Dukun.

“Truk-truk yang sudah antri untuk mengisi material merapi secara tiba-tiba turun semua meninggalkan lokasi penambangan dengan bak truk masih kosong”,ungkap Aiptu Sugiyarto Humas Polsek Dukun.

Rakom K FM – Bayu Sapta Nugraha

Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :