RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

26 Nov 2013

Home » » Warga Bersama Aparat Operasi Truk Material Merapi

Warga Bersama Aparat Operasi Truk Material Merapi

Magelang- Jalur evakuasi Bencana Merapi sudah semakin memperhatinkan di wilayah lereng merapi barat Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang,di sinyalir akibat muatan truk material merapi yang sering melebihi tonasi kemampuan jalan.

Maka dari itu karang taruna Desa Sumber dan Desa Keningar memprakasai aksi pembatasan muatan truk material merapi yang didampingi dinas jajaran terkait hari ini Rabu,27 November 2013 yang berlokasi di atas kantor Balai Desa Keningar.


Kegiatan yang dilaksanakan para pemuda dan beberapa warga dari desa Sumber dan Keningar ini di damping oleh Muspika Kecamatan Dukun dari jajaran Kecamatan,Polsek Dukun,Koramil Dukun dan Kepala Desa masing-masing wilayah,serta Polantas Magelang,Polres Magelang dan Dishub Kabupaten Magelang.

Konsep aksi in dengan memeriksa semua truk muatan material merapi untuk mingggir dan diukur sesuai ketentuan dan kekuatan jalan menggunakan alat ukur besi yang sudah diukur dan meteran,jika ada truk yang muatan melebihi ketentuan langsung di kurangin dan diturunkan di lokasi agar sesuai kapasitasnya.

“Kegiatan ini menindak lanjuti kesepakatan warga dengan pemda dan dinas terkait soal jumlah atau ukuran muatan yang harus sesuai undang-undang dan masa berlaku portal jalan yang harus mulai jam 18.00—06.00 wib”,ungkap Eko.S selaku korlap aksi ini.

Aksi ini juga untuk meminimalis kerusakan jalan,syukur-syukur agar tidak merusak jalan yang notabanenya jalan yang dilalui truk muatan pasir ini adalah akses jalur evakuasi warga di wilayah atas jika sewaktu-waktu terjadi bencana merapi. Kerusakan alam lingkungan juga sangat memperhatinkan di lokasi penambangan berlangsung yang terdapat beberapa titik lokasi di jlur Dukun-Keningar .

“Agar saat evakuasi bencana merapi bias lancer dan tidak terkendala jalan yang rusak maka aksi ini harus dilakukan rutin kalau bias setiap saat dan warga siap memperingatkan para sopir truk yang melanggar peraturan”,tambahnya.

Hal ini semoga bisa memacu wilayah lain untuk melakukan aksi yang sama agar lingkungan sekitar kita tetap terjaga dengan nyaman dan baik. Karena semua ini demi kebaikan kita bersama bukan untuk kepentingan pribadi maupun komunitas.

Rakom K FM – Bayu Sapta N

Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :