RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

13 Agt 2013

Home » » Uri-Uri Kabudayan Jawi-Ketoprak Lereng Merapi

Uri-Uri Kabudayan Jawi-Ketoprak Lereng Merapi

Magelang – Masih dalam rangka dan suasana Idul Fitri tahun 2013 kemeriahan untuk saling silaturahmi dengan berbagai cara di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang masih terasa,salah satunya cara mengumpulkan warga dan pendatang melalui gelar budaya Jawa.

Seperti yang dilakukan para seniman dan seniwati Dusun Ngentak ,Desa Sumber,Kecamatan Dukun,Magelang ini,dalam rangka memperingati bulan syawal ini mengelar pentas Ketoprak Mataran di Padepokan Tjipto Budoyo Dsnn.Tutup Ngisor,Desa Sumber,Dukun,Magelang semalam 13 Agustus 2013.

Ketoprak mataram dengan lakon "Dhendhaning Katresnan" yang diperankan oleh seniman-seniwati kelompok ketoprak Ngentak Sumber dengan kolaborasi tokoh-tokoh ketoprak dari wilayah lain. Acara yang di mulai sekitar pukul 21.00 wib di buka dengan 4 pertunjukan tari dari anak-anak padepokan Tjipto Budoyo yang membuat suasana menjadi tidak ngantuk.

Dinginnya cuaca lereng merapi beberapa hari ini tidak menyurutkan antusias warga asli maupun pendatang yang hadir dari Yogyakarta,Jakarta dan lain-lain wilayah luar Magelang. Antusias warga ini tak kalah perannya wialayh Desa Sumber,Kecamatan Dukun yanhg menjadi sorotan dan pusat seni jawa yang culuture budayanya cukup kuat diantara perbedaan adat,kepercayaan dan lain-lain.

“ Acara ini diadakan dalam rangka sebagai ajang silaturahmi antar warga,menyemarakan bulan syawal dan secara tidak langsung untuk melestarikan kebudayaan jawa agar tidak punah ditelan era jaman yang semakin maju dan condong ke barat-baratan” ,Ungkap Kritiadi salah satu pemain ketoprak.

Bayu Sapta Nugraha-Rakom K FM

Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :