RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

9 Jun 2013

Home » » Perawatan Swadaya Untuk Program Prasaran PNPM

Perawatan Swadaya Untuk Program Prasaran PNPM

K FM Magelang – Kesehatan lingkungan sangatlah berpengaruh dalam menjaga kesehatan tubuh seseorang. Maka dari itu lingkungan kita harus bersih dan tertata rapi seyogyanya.

Mulai dari keadaan bangunan MCK yang ada di rumah maupun lingkungan sekitar kita juga harus jelas keadaannya. Jika tidak ada maka harapannya di adakan karena MCK menjadi keperluan semua orang.


Sepetri yang ada di Dusun Macanan,Desa Banyudono,Kecamatan Dukun,Magelang ini telah terbangun MCK umum berkat adanya program PNPM Mandiri (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat).

Bangunan MCK umum ini yang masuk dalam program pembangunan prasaran tahun 2012 atas usulan kelompok perempuan sampai saat ini Juni 2013 masih beroperasi dengan baik dengan segala fasilitasnya. Anggaran sebesar 32.195.000 yang di gelontorkan dari PNPM untuk pembangunan MCK umum yang berdiri di tanah wakaf warga (di hibahkan empunya),dengan swadaya masyarakat sebesar 990.000.

Subiyanti salah satu warga yang bermukim di sebelah MCK menuturkan “ Keadaan MCK sampai saat ini masih baik,untuk dana perawatan memang tidak ada,untuk listrik sanyo untuk mengairi MCK ini sukarela oleh salah satu warga di sebelh MCK tersebut,untuk penjagaan dan perawatan semua warga bertanggung jawab atas keadaannya”.

Bayu Sapta N-Rakom K FM


Share this article :