RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

14 Jun 2013

Home » » Mbah Rono: Merapi Keluarkan Asap dan Abu Itu Normal

Mbah Rono: Merapi Keluarkan Asap dan Abu Itu Normal

 
Merapi - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dr Surono meminta agar masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi tidak terlalu khawatir dengan aktivitas Merapi yang sempat mengeluarkan asap maupun hujan abu tipis. Sebab aktivitas tersebut adalah aktivitas gunung yang normal.

"Sekarang ini Merapi biasa seperti ini (hujan abu dan keluar gas-red)," kata Surono kepada wartawan seusai simposium Asia Pacific Risk Reduction and Resilience (APDR3) di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Kamis (13/6/2013).

Dia mengibaratkan puncak Gunung Merapi itu pasca erupsi 2010 bagian atas sudah tidak memakai topi atau penutup. Sebab kawah sudah membuka lebar tanpa ada penutup atau pembatas.

"Seperti memakai topi bolong nyemplong," katanya.

Oleh karena puncak Merapi sudah bolong, air hujan dengan mudah masuk ke lubang-lubang kawah. Sementara itu di dalam kawah masih ada aktivitas panas.

"Seperti orang memasak air, uap air langsung keluar. Karena tidak ada tutupnya langsung ngebul ke atas," kata Mbah Rono panggilan akrabnya.

Menurutnya kalau ada aktivitas seperti beberapa saat yang lalu yakni ada hembusan asap yang tinggi dari kawah maupun hujan abu tipis, hendaknya tidak perlu khawatir atau kaget. Hal itu adalah aktivitas normal.

"Jangan kaget. Kita itu punya banyak gunung api teraktif di dunia. Soal siklus Merapi saya tidak tahu. Tunggu saja, kalau meletus itu ya biasa," pungkas dia.
(bgs/try)
sumber : http://news.detik.com/read/2013/06/13/161541/2272673/10/mbah-rono-merapi-keluarkan-asap-dan-abu-itu-normal?9922022
Share this article :