RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

3 Apr 2013

Home » » Dialog Nusantara 3: Korupsi Di Indonesia

Dialog Nusantara 3: Korupsi Di Indonesia


Crew Sangkala JRKI Produksi DN 3 Tema Korupsi
Crew Sangkala JRKI Produksi DN 3 Tema Korupsi
Sangakala JRKI- Dalam upaya radio komunitas ikut dalam melawan dan meyuarakan Indoensia Bersih anti korupsi,pada kesempatan kali ini Minggu,23 Maret 2013 di kanttor berita Sangkala JRKI diadakan dialog nusantara dengan Tema “Korupsi”.
Acara yang dimulai sekitar pukul 15.00 wib yang dipandu rekan-rekan sepertia biasa di Radio Network Sangakala JRKI yakni diModeratori Budhi Hermanto,diOperator Novi Ali.N. diProduseri Reynaldi dan Notulensi Bayu Sapta Nugraha.

Untuk rekan-rekan reporter kali ini Sangkala JRKi menghubungi beberapa pegiat radiokomunitas di wilayah yakni :
1. Aji Radikal FM GunungKidul,Yogyakarta : Warga di GunungKidul telah melakukan upaya pengawasan pembangunan melalui adat social,sebagai bagian dari keterlibatan warga untuk mencegah terjadinya korupsi.
2. Muji Sahiba FM Pemalang,Jawa Tengah : Warga berharap agar pemerintah dan penegak hokum mengusut dan menindak tegas tindak pidana korupsi di Indonesia.
3. Rovahan Best FM Cirebon,Jawa Barat : Maraknya kasus korupsi dinilai sebagai bentuk ketidak seriusan pemerintah dalam melakukan tindak pidana korupsi. Pemerintah dianggap tidak serius mendorong kesehjateraan warga. Termasuk mengharap pemerintah lebih efisien dan menghemat anggaran.
4. Mia Tele Centher Semeru,Jawa Timur : Dengan banyaknya pemberitaaan soal korupsi,warga merasa sangat geram,warga telah memenuhi kewajiban dengan membayar pajak,namun hasil pajak hanya dikorupsi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dan warga berharap pemerintah lebih memikirkan kesehjateraan warga.
5. Nurhayati Kahar Padang Pariyaman : Warga di pariaman menilai penanganan korupsi oleh penegak hokum lamban dan tidak tegas. Warga berharap penegak hokum melaksanakan penangana korupsi dengan baik dan serius.
6. Akhmad Fadli Semerlang FM Cilacap,jawa Tengah : Warga di cilacap menyatukan bahwa korupsi harus diberantas,perampokan uang rakyat itu,hal ini sangat berpengaruh terhadap proses pembangunan di daerah,korupsi telah membuat rakyat menjadi lebih miskin.
7. Ibe Kendari Sulawesi Tenggara : Masyarakat berharap dengan sangat terhadap agar pemerintah dan penegak hokum untuk menindak tegas tindak pidana korupsi dalam catatan pada semua level,baik dipusat maupun daerah,termasuk praktek korupsi di desa-desa.
8. Azwar Padang : Pemberantasan korupsi sampai akar-akarnya dan tidak pandang bulu,dari pejabat tinggi,menengah,sedang dan kecil maupun warga yang mungkin ikut andil dalam kasus korupsi yang merugikan uang Negara.
9. Sanuri RSP FM Pemalang Jawa Tengah : pemberatasan korupsi di Indonesia mengalami tantangan berupa pelemahan terhadap KPK yang dilakukan oleh kelompok-kelompok yang menginginkan KPK menjadi lemah. Warga berharap pelemahan KPK harus dilawan,karena KPK adalah satu-satunya lembaga yang dipercaya public untuk memberantas korupsi.
Dari reportase rekan-rekan pegait radio komunitas lapangan yang sesuai dengan kenyataan warga/komunitasnya dapat sedikit diambil kesimpulan soal kasus korupsi di Indonesia masih terkesan lemah dan kurang tegas dalam penyelesaiannya,termasuk dari lembaga terkait dan aparat penegak hukum,bisa dipandang juga terkesan pandang bulu dan berbelit-belit dalam penyelesaiannya.
Bayu Sapta Nugraha
Sumber : http://jrki.or.id/?p=510
Share this article :