RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

19 Feb 2013

Home » » PPK Kecamatan Dukun Sosialisasi Pilkada Melalui Budaya

PPK Kecamatan Dukun Sosialisasi Pilkada Melalui Budaya



K FM Magelang- Dalam rangka persiapan PilKaDa Jawa tengah (Pemilu Kepala Daerah) atau pilihan Gubernur provinsi Jawa Tengah, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk melakukan proses pendataan DPS dan Sosialisasi .
Seperti halnya yang dilakukan oleh tim PPK Kecamatan Dukun,Kabupaten Magelang yang melakukan sosialisasi jadwa pemilu gubernur ini melalui pentas budaya dan sosialisasi keliling.
Minggu,17 Februari 2013 tim PPK Kec.Dukun melakukan kegiatan yang dimulai berangkat dari Kantor Kecamatan Dukun jam 09.45 wib dan sampai di Terminal Pasar Talun dilakukan jalan santai dari tim Kesenian Tradisional “Angguk Rame” dari Ngartontro, sumber Dukun. Grup kesenian berjalan sekitar 400 meter menuju lokasi pentas di Pasar Rejosari, Dukun. Setelah pentas sekitar 30 menit lalu diberikan sosialisasi Pilgub dengan penjelasan DPS (Daftar Pemilihan Sementara) dan himbauan agar masyarakat mencermati DPS.
Selanjutnya kesenian Angguk Rame pentas kembali selama 20 menit dan dilanjutkan konvoi keliling Kecamatan Dukun sampai jam 12.00 wib. Dalam sosialisasi tersebut, selain dihadiri oleh penonton, hadir juga anggota Kepolisian Sektor Dukun, Ketua dan anggota PPK Kec. Dukun,Sekretariat PPK Kecamatan Dukun dan anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Dukun.
Angguk Rame merupakan salah satu bentuk kesenian tradisional yang merupakan akulturasi sholawat dan budaya Jawa, Belanda dan Jepang. Dari bentuk seragamnya ada unsur Belanda dan Jawa. Dari syair yang dinyanyikan ada campuran bahasa Arab, Jawa, Belanda dan Jepang. Menurut cerita, kesenian ini ada terlebih dahulu sebelum agama Islam masuk di sumber, jadi awalnya Islam masuk melalui budaya, lalu pada perkembangan selanjutnya baru secara peribadatan dikenal oleh masyarakat sumber, khususnya Ngargotontro.
“Sosialiasi dilaksanakan secara berkesinambungan dan masyarakat diminta untuk pro aktif terlibat atau mengawasi tahapan Pilkada”, ungkap S.Asnawi salah sati Tim Panwaslu Kecamatan Dukun.
Bayu Sapta.N.-Rakom K FM Magelang
Share this article :