RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

6 Feb 2013

Home » » Demo Penolakan PP 109 Petani Tembakau Magelang

Demo Penolakan PP 109 Petani Tembakau Magelang


K FM Magelang- Gejolak petani tembakau yang tergabung dalam APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) untuk wilayah kabupaten Magelang meradang dengan akan di sahkan PP RI No. 109 tahun 2012.
Selasa tanggal 5 Pebruari 2013 pukul 13.20 s/d16.00 Wib yang bertempat di lapangan drh. Soepardi Sawitan Kec. Mungkid Kab. Magelang telah berlangsung kegiatan istighosah dan penyampaian aspirasi Menolak PP RI No. 109 tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang mengandung Zat Adiktif berupa produk tembakau bagi Kesehatan oleh para petani tembakau di wilayah Magelang yang berasal dari 15 kecamatan sentra Tembakau di Magelang.

Kegiatan tersebut di prakarsai oleh APTI (Asosiasi Petani Tembakau Indonesia) Kab. Magelang yang di ikuti oleh para pedagang dan petani tembakau yang berasal dari wilayah Kab. Magelang sebanyak kurang lebih 15.000 orang dengan menggunakan Kbm roda 2 sebanyak kurang lebih 4000 unit dan roda 4 sebanyak 110 unit dengan koordinator lapangan H. SHOLEH dari Windusari. Massa/jamaah istighosah dari tiap-tiap kecamatan langsung menuju ke lapangan drh. Soepardi Sawitan sambil membawa poster/pamflet2 yang berbunyi : Tidak merokok juga mati lebih baik merokok sampai mati,Tolong pak SBY PP 109 tolong di cabut, mengkhiyanati petani tembakau, PP 109 tidak direvisi, Petani tembakau tidak ikut Pemilu, Tolak PP 109 penindas petani tembakau,PP 109 Pro Asing, PP 109 lonceng kematian tembakau, Cabut PP 109/2012 atau stop impor tembakau,Mbako mlempem negoro bakal ora tentrem, PP no.109/2012 mengancam petani tembakau, tidak dicabut petani tembakau tidak bayar pajak. Ayo udud sampai matek, Stop impor tembakau, PP 109 tidak direvisi, emoh mbayar pajek emoh pemilu.
Hadir jugabdalam kegiatan tersebut yakni 1. Ketua APTI Jateng NURTANTO WISNUBRATA, SE.2. Muspida Kab. Magelang.3. Wakil Bupati Magelang H. ZAENAL ARIFIN, SH.4. Ketua APTI Kab. Magelang Bp. SUPARDI 5. Ketua P3TM( Paguyuban Petani Pedagang Tembakau Muntilan) Bp. HERMAWAN, SH. 6. Pengurus APTI Kab Magelang 7. Pengurus APTI tiap2 kecamatan se kab. Magelang. 8. Para pemuka/tokoh agama, antara lain :a. KH. AGUS BAQOH dari Kajoran b. KH. SAID ASRORI dari Tempuran c. KH. HASYIM ASHARI dr Bandongan d. KH. ALI QOISOR dari Muntilan e. KH. MISBAKHUL MUNIR dari salaman. f. KH. FATKHUROHMAN dr Tempuran f. KH. KHAMIM dari Mertoyudan.g.KH. SIDIQ dari Kaliangkrik.
Acara berlangsut dengan hikmat dan penuh orasi dari para petani tembakau yang hadir dengan susunan acara Pembukaan dengan membaca Alfatikhah bersama-sama,Gema wahyu illahi oleh Sdr. Makmun Sanusi, Sambutan ketua panitia penyelenggara Kyai SIDIQ.
Dimana dalam sambutan ketua panitia penyelenggara menggungkapkan “Banyak terima kasih kepada semua hadirin yang telah bersedia hadir di tempat ini dalam rangka istiqhosah dan mujadahan semoga dapat berjalan tertib dan aman,dengan Tujuan kegiatan ini adalah untuk Menggalang persatuan dan kesatuan petani tembakau untuk mendoakan agar para pembuat PP 109 bisa sadar dan selanjutnya dapat memihak kepada kita dan semoga Tuhan mendengar jeritan kita sehingga PP tersebut akan direfisi bahkan bisa dihapus,Bila PP 109 tidak dicabut maka kemiskinan petani tembakau khusunya diwilayah Kab. Magelang akan meraja lela” .
Dilanjutkan Sambutan dari Bupati Magelang Singgih.S yang mengungkapkan ” Atas nama pemerintah kab. Magelang menyambut baik bahwa doa merupakan media yang tepat untuk mohon pertolongan sehingga dapat menguatkan iman dan takwa kita serta dengan cara istighosah seperti ini akan lebih didengarkan oleh pemerintah pusat, Berharap dengan adanya acara ini dapat memperlancar komunikasi persaudaraan antar komponen, pemerintah, alim ulama dan para petani tembakau, Dengan Doa dan kerja keras serta berusaha merubah nasib kita maka yakinlah bahwa allah merencanakan sesuatu yang lebih baik,PP dpt memahami penolakan PP namun pmrntah mengharapkan ketentuan tsb jangan sampai merugikan masyarakat petani tembakau, Sebagai abdi masyarakat, Bupati Magelang selalu mendengarkan aspirasi dari masyarakat petani tembakau, bahwa PP 109 ada ditangan pemerintah pusat namun Pemda Kab. Magelang siap mengantarkan kejakarta untuk menghadap ke mentri pertanian, mentri dalam negeri dan mentri kesehatan, Berpesan kepada para peserta aksi penolakan PP 109, agar disampaikan secara santun, dan jangan melakukan tindakan anarkis serta jangan merusak lambang negara”.
Yang paling ditunggu-tunggu dan di dukung penuh oleh para pendemo Pembacaan Pernyataan sikap oleh Ketua APTI Kab. Magelang Bp. SUPARDI
Yang isinya :
Kami petani tembakau Kab. Magelang dengan tegas menolak adanya PP RI No. 109 Th 2012.
•Menghentikan impor tembakau dr luar negeri.
•Pemerintah pusat diharapkan segera mencari solusi yang kongkrit guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat demi kesejahteraan masyarakat khususnya petani tembakau.
•Para petani akan tetap membudidayakan tanaman tembakau.
Kegiatan Istighosah dan orasi para petani tembakau magelang ini diakhiri dengan doa bersama oleh para Pemuka Agama yang dipimpin oleh KH. ALI QOISOR dari Muntilan dan didampingi oleh- KH. KHAMIM – KH. AGUS BAQOH dari Kajoran – KH. SAID ASRORI dari Tempuran – KH. HASYIM ASHARI dari Bandongan- KH. FATHUROHMAN
-Rakom K FM Magelang ( Bayu S.N)
Share this article :