RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

20 Des 2012

Home » » Program Kesetaraan Gender

Program Kesetaraan Gender

Kesetaraan Gender
K FM Magelang- DI dunia manusia diciptakan hidup secara berdampingan antara Laki-Laki dan Perempuan,yang mana ke dua manusia itu sampai saat ini terdapat perbedaan yang sangat banyak.

Sebenarnya perbedaan antara kedua kaum manusia itu hanyalah “kondrat” dari Sang Pencipta yakni Tuhan YME. Seperti wanita harus menyusui dan mengandung bayi dalam rahim itu sudah sangat membedakan dengan kaum pria yang tidak dapat seperti itu. Itulah yang dinamakan kodrat yang membedakan meraka yang mana perbedaan tersebut tidak dapat dirubah dan diusahakan dalam kurun waktu kapanpun.



Dan persamaan mereka sangat banyak sekali dari yang namanya derajat,kedudukan,sifat,fisik,dll yang mana dapat dirubah,dialami,dan dilakukan dalam kurun waktu yang lama.

Akan tetapi kaum wanita di dunia ini umumnya dan khususnya di daerah komunitas radio komunitas K FM masih setengah-setengah posisinya dan perannya. Kenapa dibilang setengah-setengah karena tidak semua kaum wanita menyadari hal tersebut akan kesamaan terhadap kaum laki-laki dan tidak menyadari juga yang membedakan mereka hanyalah kodrat pada diri sendiri. Sehingga kaum perempuan masih terkesan tetap menjadi dibawah atau di belakang kaum laki-laki.

Maka dari itu radio komunitas K FM Magelang mengadakan talkshow-talkshow dan drama yang menceritakan tentang kesetaraan gender dan menjalin kerja sama dengan Search For Comond Ground (SFCG) Indonesia untuk menjalankan program kesetaraan gender beberapa waktu terkahir ini dan sampai saat ini masih berjalan.

Banyak nara sumber yang kami undang untuk membahas tentang kesetaraan gender dan peran serta perempuan di keluarga,lingkungan,organisasi dll,yang mana narasumber kita ajak dari kalangan ibu rumah tangga,pedagang,kader desa,kepala dusun,kepala desa,anggota dewan serta sampai ke teman-teman aktivis pembela perempuan yang ada di area komunitas radio.

Sampai saat ini point yang bias di gali atau kita rangkum yaitu mulai tersadaranya masyarakat akan pola pikir mereka akan keberadaan perempuan walau masih dibilang masih setengah-setengah tadi. Dan masih harus adanya sosialisasi dengan berbagai upaya atau cara yang bisa langsung menyentuh ke masyarakat sehingga masyarakat bias merubah paradigma tentang keberadaan perempuan di manapun mereka berada dan terposisi.

Dan dalam waktu dekat kita akan mengadakan FGD ( Focus Group Discusion ) untuk membahas secara focus kepada group diskusi yang bersedia atau sedang memikirkan perubahan paradigma masyarakat tentang kesetaraan gender. Kemungkinan kita akan tetap adil dalam mengundang dan memilah anggota group dari pihak perempuan dan pria,dan akan kita shorter untuk anggota yang pro dan kontra tentang kesetaraan gender ini dan dipandang dari sudut pandang mana pun sehingga nantinya diharapkan akan menemukan sebuah kolaborasi yang menarik dan berhasil untuk bahan sosialisasi kedepannya. (BSN)
artikel ini juga di unggah di www.suarakomunitas.net
Share this article :