RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

23 Des 2015

Home » , , , , » Prosesi Mbangun Asmara Tirto

Prosesi Mbangun Asmara Tirto

Magelang – Prosesi  Adat Jawa terus akan di lestarikan oleh masyarakat pedesaan yang peduli akan keberadaan budaya jawa. Salah satu dalam rasa ucap syukur akan berkah adanya Mata Air yang mampu menghidupi masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh sebagian masyrakat wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang sukses menggelar prosesi budaya jawa Mbangun Asmara Tirto pada Hari Sabtu 19 Desember 2015.

Porsesi yang dilakukan di Sendang Kali Ringin Dsn. Tegalsari,Ds.Dukun,Kec.Dukun,Kab,Magelang Jawa Tengah ini di dengan maksud tujuan mengintimi air sebagai wujud balas budi karena alam menyediakan air untuk kelangsungan hidup masyarakat. Dalam prosesi tersebut sebagai ucapan terima kasih maka kita menanam pohom resapan air berupa bibit aren dan ringi di seputaran sendang kali ringin,guna menunjukan balas budi kita terhadap alam.

Awal prosesi dibuka dengan doa yang di bingkis dengan tembang mocopat yang di lantunkan oleh 5 tokoh budaya di tengah arus sungai kretegan di samping sendang ringin. Tembang di lantunkan oleh  Kristiadi alias Jhon Babo di dampingi 4 budayawan dengan melakukan gerakan spritual guna mendukung prosesi tersebut.

Jhon Babo mengungkapkan “ Makna inti tembang macapat yang berjudul Pangkur Warawedha karya sunan Kali Jaga yakni doa tolak balak dan memohon berkah Nabi Muhammad SAW serta Allah SWT “

Prosesi Budaya ini d mulai sekitaran pukul 09.00 wib di pimpin oleh Daliyo alias Porbo yang dilanjutkan kirab budaya membawa air yang di ambil dari mata air yang di bawa oleh anak kecil yang di naikan di Tandu sampai lapangan Desa Dukun guna menyirami simbolis bibit pohon yang akan di tanam di sepnajang bantaran kali kretegan.
Rakom K FM _ Bayu Sapta N
Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :