RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

3 Mei 2014

Home » » AKTIVITAS GUNUNG MERAPI Tanggal 25 Apri-1 Mei 2014

AKTIVITAS GUNUNG MERAPI Tanggal 25 Apri-1 Mei 2014


I. HASIL PENGAMATAN

Visual

Cuaca cerah terjadi pada pagi dan sore hari, sedangkan siang dan malam hari dominan berkabut. Asap solfatara umumnya berwarna putih tipis hingga tebal, dominan putih tebal, bertekanan lemah. Tinggi asap maksimum 450 m, dengan arah condong ke Barat diukur dari Pos Ngepos pukul 07.40 tanggal 25 April 2014. Suhu udara di Pos-pos Pengamatan G. Merapi berkisar antara 18 – 32,4 oC, kelembaban 55 – 99 % RH, kecepatan angin maksimum 17,6 km/jam, dan arah angin dominan dari Tenggara – Barat Laut. Pos-pos pemantauan melaporkan terjadi suara dentuman disekitar G. Merapi dari tanggal 25 April – 1 Mei 2014 sebanyak 47 kali:


Kegempaan

Pada periode minggu ini, kegempaan G. Merapi tercatat, gempa guguran sebanyak 26 kali, MP sebanyak 4 kali, gempa tektonik 18 kali, gempa LF 108 kali, gempa LHF 2 kali dan gempa hembusan sebanyak 3 kali. Pada tanggal 20 - 29 April 2014, tercatat gempa guguran sebanyak 37 kali, MP 13 kali, hembusan 4 kali, tektonik 24 kali, dan gempa LF 29 kali. Peningkatan signifikan terjadi pada jenis gempa LF sebagai indikasi meningkatnya fluida gas vulkanik yang berpotensi menimbulkan letusan.


Deformasi

Deformasi di G. Merapi berdasarkan data EDM (Electronic Distance Measurement) dilakukan pengukuran dari pos-pos pengamatan (Pos Kaliurang dan Pos Babadan) masing-masing terhadap reflektor, RK2 dan RB3. Pada minggu ini, data EDM (RK2) bervariasi antara +5 mm sampai dengan -4 mm (0, 5 mm/hari); RB3 berfluktuasi antara +4 mm sampai dengan +4 mm (0,5 mm/hari). Pengukuran jarak reflektor bervariasi di bawah 1 cm (di bawah ralat pengukuran). Deformasi tubuh G. Merapi yang dipantau secara instrumental baik dengan menggunakan EDM dan tiltmeter tidak menunjukkan perubahan yang signifikan.


Data pemantauan deformasi menggunakan tiltmeter di Stasiun Plawangan pada minggu ini belum menunjukkan adanya perubahan kemiringan yang signifikan. Sumbu-X (arah Barat-Timur) memiliki kemiringan -0,2 (tetap) dan sumbu-Y (arah Utara-Selatan) memiliki kemiringan 0 mikroradian, sedangkan suhu alat rata-rata 19,67 0C. Data deformasi belum menunjukkan adanya inflasi ataupun deflasi.


Hujan dan Lahar

Tercatat pada minggu ini hujan masih terjadi di setiap pos. Intensitas curah hujan tertinggi sebesar 31 mm/jam, selama 110 menit terjadi di pos selo pada tanggal 27 April 2014. Walaupun hujan sudah terjadi, namun intensitas hujan masih rendah sehingga tidak menimbulkan adanya lahar di sungai yang berhulu di G. Merapi.


Kesimpulan

Berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan G. Merapi secara instrumental dan visual, disimpulkan bahwa aktivitas G. Merapi menunjukkan peningkatan. Dengan meningkatnya aktivitas tersebut, maka terhitung mulai tanggal 29 April 2014 pukul 23.50 WIB, status aktivitas G. Merapi dinaikkan dari tingkat “NORMAL” menjadi “WASPADA”.


Rekomendasi

Dengan peningkatan status aktivitas G. Merapi dari “NORMAL” menjadi “WASPADA” kepada para pemangku kepentingan dalam penanggulangan bencana G. Merapi direkomendasikan sebagai berikut :

1. Kegiatan pendakian G. Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana.

2. Jika terjadi perubahan aktivitas G. Merapi yang signifikan maka status aktivitasG. Merapi akan segara ditinjau kembali.

3. Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi G. Merapi yang tidak jelas sumbernya dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke Pos Pengamatan G. Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 MHz atau ke kantor BPPTKG, jalan Cendana No. 15 Yogyakarta, telepon (0274) 514180-514192.

4. Pemerintah daerah direkomendasikan untuk mensosialisasikan kondisi G. Merapi saat ini kepada masyarakat.


Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kejasamanya, kami ucapkan terima kasih.


Yogyakarta, 2 Mei 2014

a.n. Kepala Pusat Vulkanlogi dan Mitigasi

Bencana Geologi,

Kepala BPPTKG,


Drs. Subandriyo, M.Si

NIP 19620612 1 99003 1 001
 
Lampiran foto :




 

sumber @BPPTKG

Silahkan di komentari menurut pendapat anda,karena komentar anda sangat bermanfaat bagi kami .
Share this article :