RADIO KOMUNITAS K FM MAGELANG
GAWE ADEM LAN AYEM
Jln.Muntilan-Dukun,Km 5,Komplek Lantai 2 MTS Aswaja Dukun,Kecamatan Dukun

15 Jan 2013

Home » » Postingan di Facebook Kurangi Rasa Sepi

Postingan di Facebook Kurangi Rasa Sepi


[Internet Sehat] Saat merasa sepi, jadi terhibur karena sudah melakukan update status di Facebook? Tenangm itu adalah hal yang normal. Menurut penelitian ilmuwan Universitat Berlin, postingan sederhana di Facebook memang bisa membuat user merasa terkoneksi dengan orang lain, bahkan ketika tak ada orang yang merespon postingan tersebut.

Ilmuwan Universitat Berlin melakukan studi yang melibatkan 100 mahasiswa University of Arizona selama satu pekan lamanya. Kepada mereka ditanyakan hal-hal yang berkorelasi dengan kesehatan mental sepanjang minggu dan aktivitas mereka di Facebook.
Hasilnya, mereka yang rajin melakukan posting di Facebook memang memiliki tingkat depresi yang sama dengan mereka yang tidak rajin melakukan posting. Hanya, kelompok mahasiswa yang sering posting di Facebook merasa tidak terlalu kesepian dibandingkan yang jarang atau sama sekali tidak meng-update Facebook-nya.
Mengenai respon “like” atau komentar dari teman Facebook ternyata tidak terlalu berpengaruh pada perasaan mereka. Setidaknya lebih banyak memosting akan mengurangi rasa keterasingan dan kesepian mereka selama sepekan. Postingan di Facebook membuat mereka merasa tetap terhubung dengan banyak orang.
Para ilmuwan juga membandingkan dengan nafsu makan snack ketika seseorang merasa lapar. “Sama dengan snack yang dimakan ketika seseorang lapar, postingan di Facebook dapat mengurangi rasa kesepian seseorang sesaat selama ia belum bisa menemukan orang yang bisa menghapus kesepiannya,” jelas tim peneliti ini seperti yang ditulis di jurnal Social Psychological and Personality Science.
[Internet Sehat]
Share this article :